Sunday, May 31, 2015

Cara Melupakan Cinta Pertama Bagi yang Gagal Move on

Cara Melupakan Cinta Pertama Bagi yang Gagal Move on
Cara Melupakan Cinta Pertama Bagi yang Gagal Move on

Mungkin tidak ada yang lebih menyakitkan dari pada melupakan cinta pertama. Ini bukan cinta biasa. Anda berpikir akan menjalani sisa hidup berdua. Anda berencana untuk masa depan, untuk kuliah dan hidup bersama. Anda punya banyak lelucon dan kenangan dari waktu yang telah dilewati. Sekarang setelah semuanya berakhir, Anda takut nanti tidak bisa menemukan seseorang yang bisa menggantikannya, atau mungkin Anda hanya takut tak akan bisa berbahagia dengan orang lain. Tidak ada obat ajaib untuk melupakan cinta pertama selain menyerahkannya pada waktu dan fokus pada hidup Anda sendiri
  • Sadarilah bahwa Anda harus melewati fase di mana Anda merasa tidak mampu melupakan mantan
  • Putuskan semua komunikasi dengan mantan. 
  • Jangan berhubungan sama sekali dengan mantan. 
  • Ketika semua terasa sulit, ingatlah lagi alasan Anda berdua memutuskan hubungan.Sadarilah hanya karena hubungan ini berakhir, bukan berarti Anda tidak akan bisa menemukan cinta lagi. 
  • Berikan perhatian pada diri sendiri. Jangan berusaha melaluinya sendirian. 
  • Terbuka dan jujur dengan perasaan Anda. 
  • Menangislah bila Anda ingin menangis.
  • Manfaatkan putusnya hubungan ini sebagai kesempatan untuk menjadi orang yang selalu Anda inginkan. 
  • Jangan memfasilitasi diri untuk berkubang dalam kesedihan. 
  • Lakukan apa pun yang bisa membuat Anda merasa diinginkan dan percaya diri lagi. P
  • Tanggunglah rasa sakit dan kesepian dengan berani. 

Dan ada juga Beberapa tips buat anda yang ingin cepat Moveon atau pun Cepat Melupakan Mantan, Cinta Pertama

Jangan takut untuk melanjutkan hidup hanya karena Anda merasa itu akan memperkecil kesempatan untuk kembali pada mantan. Anda akan membatasi diri sendiri dengan menunggu sesuatu yang tak akan pernah terjadi. Temui orang baru, bersenang-senanglah dan jalani hidup Anda. Jangan sia-siakan pikiran Anda dengan memikirkan orang yang mungkin tidak memikirkan Anda.

Jangan terjaga di waktu malam dengan memikirkan mantan, itu hanya akan lebih melukai Anda.

Jangan mencari-cari alasan untuk bertanya tentang apa pun. Contohnya, "Bagaimana kabar Ibumu?" atau "Ingatkan aku kenapa kita putus?" Pada akhirnya ini hanya akan menyakiti Anda dan terlihat seolah-olah Anda memohon untuk kembali. Memberikan mereka kekuasaan dan membuat Anda tak berdaya, hanya menunggu respons yang tak akan pernah Anda dapatkan.

Habiskan waktu dengan kesibukan bersama teman-teman dan sekolah/pekerjaan. Beli baju baru, traktir diri sendiri, dan temui teman-teman lama. Mengalihkan pikiran dari mantan adalah satu-satunya cara yang bisa membantu.

Sadarilah bahwa mantan ini hanyalah cinta PERTAMA Anda. Tanpa keraguan, akan ada cinta kedua, ketiga, dan cinta lainnya di luar sana yang menunggu Anda dan diri Anda yang cantik! Harap diingat bahwa selalu ada yang pertama untuk segalanya.

Jangan katakan pada mantan bahwa Anda masih mencintainya. Anda mungkin masih mencintainya, tapi ingatlah bahwa cintanya tidak cukup besar dan bahwa hubungan kalian berakhir untuk suatu alasan. Bila perlu, tuliskan alasan-alasan tersebut.

Jangan menipu diri sendiri dengan berpura-pura kalian masih bersama dan masih menjadi pasangan. Bila ada orang yang masih menganggap ia kekasih Anda, koreksi mereka. Walaupun Anda tahu hubungan tersebut sudah berakhir, mengatakannya dengan lantang akan menguatkan kesan dan membuat Anda lebih siap untuk melupakannya.

Manjakan diri Anda dengan melakukan kegiatan, minat atau menuruti selera pribadi yang tadinya Anda jauhi karena mantan Anda tidak menyukainya. Sekarang Anda bisa makan ikan teri atau membeli parfum yang tidak disukai mantan, makan makanan yang membuat alergi mantan kambuh, memakai baju yang tidak disukai mantan, dan di atas semuanya nikmati musik dan film favorit Anda yang dibenci oleh mantan. Secara sistematis ingatkan diri siapa Anda ketika Anda sendiri. Kenali dan hargai diri Anda. Percayalah bahwa suatu hari Anda akan bertemu seseorang yang mencintai Anda apa adanya, tidak berusaha untuk mengubah Anda menjadi orang lain.

Mungkin akan membantu bila Anda menjauh dari mantan untuk sementara. Akan terasa menyakitkan melihatnya bersama orang lain, atau untuk menghabiskan waktu bersamanya dan bertanya-tanya.

Jangan pernah bertanya "Apa kabar?" karena Anda tak ingin tahu, mengetahui bahwa mereka baik-baik saja akan membuat Anda lebih sakit.

Jangan mencari kekasih baru untuk pelarian. Ini tidak akan membantu Anda, karena Anda hanya mengalihkan perasaan yang tadinya untuk mantan kepada orang baru. Ini merupakan langkah tidak berperasaan dan tidak adil untuk orang baru ini, dan Anda hanya akan semakin kacau ketika si kekasih baru tidak sesuai dengan standar mantan Anda. Pelarian adalah ide yang sangat buruk untuk hal apa pun.

Jangan berpikir negatif seperti percaya bahwa Anda tidak akan bisa mencintai orang lain seperti Anda mencintai cinta pertama Anda. Kebanyakan cinta dan patah hati pertama dialami seseorang ketika masih remaja atau awal 20-an. Anda masih punya banyak waktu untuk menemukan cinta yang sebenarnya. Beberapa orang bahkan menemukan cinta sejati pada usia tua!

Jangan takut untuk jatuh cinta lagi. Hanya karena cinta pertama Anda gagal bukan berarti cinta lain tak akan berhasil. Setiap orang berbeda, demikian juga dinamika sebuah hubungan akan berjalan dengan cara yang berbeda, dalam hal baik dan buruk. Langsung menjalin hubungan baru untuk alasan yang keliru setelah putus itu tidak sehat, sama tidak sehatnya dengan sama sekali menghindari hubungan cinta. Coba dan nilai setiap hubungan sesuai dengan kondisinya, bukan berdasarkan hubungan Anda yang lalu.

Kalau perlu, putuskan semua kontak dengannya. Apakah itu kontaknya dengan sahabat atau bahkan saudara Anda. Mulailah untuk tidak mempedulikannya dan Anda akan segera melupakan dia yang telah mematahkan hati Anda. Tak ada salahnya untuk menangis ketika Anda harus mengeluarkan air mata.

Bicara dengan orang-orang baru. Bertemu orang baru, bahkan mungkin orang yang Anda taksir, akan membantu Anda melupakan mantan dan menempatkan fokus Anda pada orang lain. Namun jangan terlalu cepat melangkah ke hubungan yang serius; stres tambahan dari hubungan baru dan penilaian dari orang lain (terutama mantan Anda) akan membuat Anda sulit untuk memulihkan diri.

Bila Anda tahu kata sandinya untuk email/MySpace/Facebook/dll tahan godaan untuk masuk ke akun tersebut. Itu hanya akan membuat perasaan Anda lebih buruk. Bila ia tahu kata sandi Anda, ganti secepatnya. Hapus ia sebagai "teman" di Facebook atau sekalian blokir, jadi Anda tidak bisa mencari atau menemukan profilnya lagi. Ia tidak akan mendapat pemberitahuan dan Anda tidak akan tergoda untuk terus melibatkan diri dalam hidupnya. Sekarang saatnya untuk melupakannya sebaik yang Anda bisa. Anda tidak ingin diberitahu ketika ia melakukan update. Paling tidak, ubah setelan akun Anda sehingga Anda tidak akan diberitahu bila ia meng-update sesuatu. Melihat foto bahagianya dengan kekasih baru tentu tidak akan menyenangkan. Jangan biarkan diri Anda mengalaminya.

Lebih mudah bila Anda berhenti peduli. Mungkin beberapa saat setelah putus Anda merasa tak bisa menerimanya. Katakan "masa bodoh" dengan lantang, itu akan sangat membantu.

Ingatlah bahwa patah hati adalah bagian dari kenyataan hidup dan merupakan pengalaman yang tak terelakkan.

Hindari perkataan seperti "Saya tak akan bisa melupakannya." Mungkin kelihatannya memang begitu, tapi hanya untuk sementara dan seiring berjalannya waktu, itu tidak benar.

Lakukan hobi baru. Lakukan apa pun yang ingin Anda lakukan. Buat diri Anda selalu sibuk.

Kapan pun pikiran tentang kejadian ini hinggap di kepala, ambil buku dan sementara lupakan apa yang sedang Anda alami dengan membaca. Kadang menjauhkan diri Anda dari dunia nyata dengan mengunjungi hidup orang lain lewat buku akan membantu meredakan emosi dan membuat Anda terbiasa menghabiskan waktu sendirian

Putuskan apakah Anda masih ingin dia ada dalam hidup Anda. Untuk jangka panjang mungkin tidak akan menyakitkan. Tetapi ketika Anda mencoba tetap berteman setelah putus, Anda akan mendapati bahwa ternyata perasaan cinta Anda belum berakhir sepenuhnya tetapi hanya tersembunyi. Berikan waktu yang cukup.

Buang semua barang milik mantan yang ada pada Anda. Baju bisa jadi kenangan nyata yang membuat Anda terus merasa terikat. Di baju itu membekas bau mantan Anda dan lebih dari apa pun bisa mengingatkan Anda padanya. Surat apa pun yang pernah dia tulis atau gambar yang pernah dia buat juga harus disingkirkan. Melihat barang-barang yang dulu pernah membuat Anda tersenyum hanya akan membuat Anda lebih buruk.
Beribadah untuk mencari bantuan secara spiritual. Anda mungkin mengabaikan keimanan ketika masih bersama mantan. Ini akan membuat Anda merasa lebih baik dan menjadi lebih dekat dengan Tuhan. Anda bahkan bisa mendapat teman baru dan siapa tahu, mungkin juga akan bertemu seseorang.

Jangan ceritakan pada teman-teman setiap detil alasan dan bagaimana kalian putus. Ceritakanlah hanya pada sahabat terdekat karena apa yang terjadi adalah antara Anda dan mantan. Bukan urusan siapa pun. Bila teman-teman Anda mencoba mengatakan sesuatu yang ada hubungannya dengan mereka dan mantan Anda, potong pembicaraan mereka dengan sopan dan katakan Anda tidak ingin mendengar apa pun tentang dia dan ganti topik pembicaraan. Bahkan bila itu hanya sebuah pesan dari mantan, jangan dengarkan! Itu hanya akan membuat segalanya lebih berat. Bila teman Anda tidak bisa menghargai itu, maka mereka bukan teman sejati.

Kadang tetap berhubungan dengan mantan itu tidak mungkin dan Anda harus memutuskan semua bentuk komunikasi bila itu yang terbaik yang harus dilakukan. Tetapi bila kemungkinan itu ada, berpisah baik-baik dan tetap berteman akan baik bagi Anda. Kalau tidak, kepahitan dan kemarahan akan membakar Anda dari dalam. Usahakan untuk bersikap anggun dan sopan (tetapi singkat) bila mantan mencoba menghubungi Anda. Katakan bahwa Anda menghargai adanya jarak supaya lebih mudah bagi Anda untuk melewati semuanya. Gunakan pernyataan yang memuat kata "Saya" seperti "Saya butuh ruang lebih" dan hindari tuduhan. Jaga jarak dan tetap anggun, dan mungkin akhirnya nanti Anda akan bisa berteman, walaupun hubungan cinta tidak berhasil. Walaupun sekarang Anda merasa pahit atau marah, pada saatnya nanti mungkin Anda akan menyesal telah membuat cinta pertama Anda menjadi musuh.

Coba menuliskan apa yang Anda rasakan. Menuliskan perasaan dan pikiran buruk akan membuat Anda lebih lega.

Menulis atau membaca puisi bisa sangat membantu. Cobalah mencari penulis yang menuliskan puisi cinta, ini sama manfaatnya seperti lagu-lagu di MP3 Anda. Baik juga untuk menuliskan perasaan Anda di atas kertas. Jangan khawatir bila hasilnya tidak sebagus penulis yang Anda sukai. Anda tidak menulis untuk diterbitkan. Kertas bisa menjadi pendengar yang baik, kadang malah yang terbaik.

Share this

0 Comment to "Cara Melupakan Cinta Pertama Bagi yang Gagal Move on"

Post a Comment